prak.komputer u/bisnis (magento)

Magento Commerce adalah salah satu paket perangkat lunak eCommerce open source buatan Irubin Consulting yang saya rekomendasikan untuk jualan online tingkat menengah dan lanjut. Fleksibilitas Magento Commerce dalam melakukan konfigurasi toko online dan memajang aneka ragam jualan online, yang dilengkapi dengan modul pengiriman dan modul pembayaran yang solid membuatnya layak untuk menjalankan toko online profesional. Posting ini akan membahas apa itu Magento Commerce, fitur tingkat dasar dan lanjutnya, dan apa untungnya buat kita.

Apa Itu Magento Commerce

Megento Commerce adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan situs web yang berjualan secara online, atau lazim disebut dengan web eCommerce. Ibarat sebuah mobil, Magento Commerce adalah mesin-nya mobil tersebut. Mesin inilah yang menjalankan proses berjualan secara online. Mesin ini lah yang memajang barang atau jasa jualan kita kepada calon pelanggan, memproses order pelanggan, menghitung biaya pengiriman, menyediakan berbagai mekanisme pembayaran, memberi tahu status order kepada pelanggan, dan lain sebagainya.

Bagi pemilik jualan online, Magento Commerce juga memudahkan banyak hal. Dari mulai mengisi katalog produk, mengelompokkan produk dalam kategori, memajang gambar produk, mengatur inventory, melakukan promosi, melihat laporan penjualan, dan lain sebagainya. Pemilik toko online tidak perlu tahu detil teknis bagaimana toko online-nya dijalankan. Yang perlu dilakukan adalah mengunduh Magento, meng-instal-nya, dan mengkonfigurasinya di dalam sebuah situs web. Hal-hal teknis di luar jualan tinggal diserahkan ke Magento Commerce.

Magento Commerce adalah perangkat lunak open source yang disokong oleh sebuah perusahaan bernama Irubin Consulting. Perusahaan inilah yang membuat dan mengembangkan Magento Commerce. Perusahaan ini pula yang menyediakan dukungan layanan Enterprise berbayar kalau memang dibutuhkan. Walaupun demikian, versi gratis dari Magento Commerce bisa kita unduh dan bebas kita pakai, selama memenuhi syarat-syarat yang diatur dalam lisensinya.

Fitur eCommerce Dasar pada Magento Commerce

Sebuah situs web harus memenuhi fitur-fitur dasar eCommerce untuk menjalankan fungsinya sebagai sarana untuk ber-jualan online. Definisi fitur dasar yang menjadi acuan tulisan ini berasal dari buku The Design of Sites. Pengarang buku ini telah melakukan riset terhadap situs-situs eCommerce yang berkenal dan berhasil di dunia seperti misalnya amazon.com, dan mendefinisikan pola-pola yang mesti terdapat dalam sebuah web eCommerce.
Magento Commerce bisa menjadikan sebuah situs web memiliki hampir semua fitur dasar eCommerce. Berikut ini adalah daftar fitur-fitur dasar web eCommerce menurut The Design of Sites dan bagaimana Magento Commerce memenuhi fitur-fitur dasar tersebut:

  1. Tampilan ProdukGambar atau video produk harus ditampilkan semenarik mungkin dalam toko online untuk menarik minat calon pelanggan. Demikian juga informasi vital produk seperti harga, deskripsi, ketersediaan, dan fitur. Magento Commerce memiliki modul penampil produk dalam bentuk daftar, tabel, dan detil yang akan ditampilkan sesuai dengan konteks layar yang diakses oleh calon pelanggan.
  2. Keranjang BelanjaKeranjang belanja atau shopping cart telah menjadi ciri setiap web eCommerce. Fungsinya sama dengan keranjang belanja di toko offline yang menampung produk sebelum diproses di depan kasir. Magento Commerce juga mengimplementasikan keranjang belanja sebagai ‘wadah’ virtual untuk produk-produk yang dibeli oleh pelanggan sebelum proses checkout.
  3. Proses CheckoutProses checkout pada Magento Commerce memudahkan pelanggan berbelanja online dengan memandu pelanggan langkah demi langkah untuk menyelesaikan belanjanya tanpa adanya hambatan.
  4. Alamat PengirimanProduk yang dibeli oleh pelanggan akan diantarkan kepada alamat yang diisikan oleh pelanggan. Magento Commerce menyediakan fleksibilitas untuk memasukan alamat yang menjadi tujuan pengiriman produk kepada pelanggan.
  5. Metode PengirimanDengan tersedianya berbagai macam layanan jasa pengiriman atau kurir membuat pelanggan bebas memilih kurir yang ia sukai. Magento Commerce memudahkan pelanggan melakukan pemilihan kurir ini dengan menyediakan modul pengiriman yang fleksibel.
  6. Metode PembayaranMagento Commerce juga menyediakan metode pembayaran yang fleksibel sehingga memudahkan pelanggan memilih metode pembayaran yang ia sukai. Paypal dan Google Checkout adalah dua metode pembayaran terkenal yang didukung oleh Magento Commerce.
  7. Ringkasan OrderSebelum pelanggan mengkonfirmasi order-nya, Magento Commerce akan menampilkan sebuah layar ringkasan mengenai order yang telah dilakukan oleh pelanggan.
  8. Konfirmasi OrderOrder perlu dikonfirmasi agar bisa diproses lebih lanjut. Magento Commerce menampilkan layar konfirmasi order ini sebagai langkah terakhir dalam proses checkout.
  9. Kemudahan ReturMagento Commerce sampai versi 1.3 tidak menyediakan modul retur secara langsung. Namun modul tersebut bisa ditambahkan di atas Magento Commerce sebagai plug-in.

Fitur eCommerce Lanjut pada Magento Commerce

Selain fitur-fitur dasar, sebuah web eCommerce yang bagus juga memenuhi beberapa fitur lanjut. Fitur lanjut didefinisikan sebagai fitur yang tidak mesti ada dalam sebuah web eCommerce, namun apabila fitur tersebut ada, ia akan menambah nilai dari web eCommerce tersebut. Berikut ini adalah daftar beberapa fitur eCommerce lanjut menurut The Design of Sites, dan bagaimana Magento Commerce memenuhi fitur-fitur tersebut:

  1. Produk PilihanMagento Commerce bisa dikonfigurasi untuk menentukan produk pilihan berdasarkan kriteria yang didefinisikan oleh pemilik toko online. Pilihan tersebut biasanya berdasarkan musim atau promo tertentu.
  2. Cross-Selling dan Up-SellingMagento Commerce mendukung fitur cross-selling dan up-selling secara langsung. Kalau dalam toko offline, cross-selling ini seperti menempatkan majalah atau permen di dekat mesin kasir, sehingga setiap pelanggan akan melihatnya sebelum selesai berbelanja. Sedangkan up-selling adalah penawaran terhadap produk yang ‘memiliki nilai lebih’ dibandingkan dengan produk yang dibeli pelanggan.
  3. Rekomendasi ProdukBerdasarkan pola belanja pelanggan, sebuah situs web eCommerce bisa merekomendasikan produk tertentu kepada pelanggan. Magento Commerce sampai versi 1.3 belum mendukung fitur ini secara langsung. Namun tentu saja bisa ditambahkan melalui plug-in.
  4. Tujuan Pengiriman JamakTujuan pengiriman jamak memungkinkan produk dikirimkan ke lebih dari satu alamat. Magento Commerce mendukung fitur pengiriman jamak ini lewat opsi yang bisa diatur di layar administrasi.
  5. Belanja untuk HadiahBerbelanja secara online memungkinkan pelanggan untuk membeli produk sebagai hadiah buat orang lain. Magento Commerce mendukung fitur belanja untuk hadiah ini secara langsung.
  6. Pelacakan Order dan Catatan Order Lama‘Pelacakan Order’ memungkinkan pelanggan untuk mengetahui status order-nya secara online. Sedangkan ‘Catatan Order Lama’ berisi data-data order yang telah dilakukan oleh pelanggan tersebut di masa yang lampau. Magento Commerce mendukung kedua fitur ini secara langsung.

Apa Untung (dan Rugi)-nya Magento Commerce Buat Kita

Salah satu keuntungan menggunakan Magento Commerce adalah gratis. Bagi calon pemilik toko online bersekala kecil sampai menengah, hal ini tentunya meringankan biaya untuk bisa memiliki toko online. Walaupun demikian, Irubin Consulting, sebagai perusahaan yang berdiri di belakang Magento Commerce menyediakan layanan berbayar yang mungkin diperlukan pada saat bisnis kita mencapai tingkat enterprise.

Salah satu konsekuensi menggunakan produk gratis adalah kemandirian untuk mencari tahu dokumentasi untuk menggunakan Magento Commerce. Hal ini karena versi gratis tersebut tidak disertai layanan dukungan dan bantuan dari Irubin Consulting sebagai perusahaan pembuat Magento Commerce.

Keuntungan berikutnya adalah fleksibilitas. Magento Commerce telah dirancang sedemikian rupa sehingga cukup fleksibel dan bisa dikonfigurasi berdasarkan kebutuhan calon pemilik toko online. Salah satu fleksibilitas ini terdapat dalam penentuan jumlah toko dan penamaan masing-masing toko, beraneka ragamnya tipe produk, penentuan atribut produk yang tidak terbatas, metode pengiriman, dan metode pembayaran.

Konsekuensi dari fleksibilitas adalah kompleksitas. Magento Commerce relatif cukup kompleks sehingga kita perlu waktu untuk memahami arsitektur beserta kompleksitas yang menyertainya. Namun apabila kita sudah mengerti arsitekturnya dan mencoba fitur-fiturnya, Magento Commerce akan terasa mudah.

Screenshot

Gambar-gambar berikut menunjukkan screenshot dari Magento Commerce yang dijalankan dalam laptop saya (lokal).

Tampilan beranda Magento Commerce

Magento Commerce menampilkan detil produk

Layar administrasi Magento Commerce

Kesimpulan

Magento Commerce adalah perangkat lunak yang menyediakan fitur-fitur dasar dan lanjut untuk membangun sebuah web eCommerce untuk ber-jualan online. Magento Commerce bisa diunduh dan dipakai secara gratis, selain pilihan berbayar yang ditawarkan oleh perusahaan pembuatnya yaitu Irubin Consulting. Fleksibilitas Magento Commerce membuatnya cocok untuk menjalankan toko online tingkat menengah dan lanjut. Walaupun demikian tingkat kompleksitasnya relatif cukup tinggi sehingga memerlukan waktu untuk bisa memahami dan menggunakannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: